8 Langkah Usir Bau Badan

Anda tentunya mengenal istilah Tank-top, itu adalah istilah untuk T-shirt tanpa lengan yang lebih di kenal dengan kaos singlet atau kaos buntung. Banyak penggemar T-shirt jenis ini untuk menunjang aktifitas dalam berolahraga. Selain nyaman dipakai juga berkesan sporty sehingga sangat cocok untuk  dipakai dalam  aktifitas berolahraga.

Tapi terkadang rasa kurang percaya diri atau kurang PeDe terkadang menyelimuti sebagian orang, karena mempunyai masalah BB, bukan blackberry loh!, melainkan bau badan.

Bau badan biasanya identik dengan bau ketiak. Tak heran jika daerah ketiak merupakan daerah yang memerlukan perawatan ekstra. Apalagi secara histologis, ketiak memiliki banyak kelenjar keringat. Inilah yang menyebabkan ketiak selalu lebih basah dari bagian tubuh lain.

Sejak kecil sebenarnya semua orang sudah mengeluarkan keringat. Namun pada masa pubertas, kelenjar keringat menjadi semakin aktif dan mulai mengeluarkan zat-zat kimia tertentu. Akibatnya, keringat mengeluarkan bau yang lebih kuat. Dan, bebauan yang khas ini muncul terutama di bawah ketiak.

Produksi keringat yang berlebihan, berikut bau badan yang menyengat tentu bisa membuat kita menjadi kurang percaya diri. Sebagai contoh kasus pernahkah Anda masuk ke dalam bus kota yang penuh disesaki orang-orang yang pulang kantor? Atau ketika kita berada di tempat Gym dimana aktifitas yang membuat kita lebih berkeringat. Bau yang menyengat yang mampir di lubang hidung terkadang bukan hanya bau asam, tapi sampai ke aroma yang kurang menyenangkan. Coba intip beberapa tips di bawah ini agar Anda tidak menjadi salah satu orang yang bermasalah dengan bau badan yang tak sedap. Anda pasti bisa menangis 7 hari 7 malam jika ada pria menyanyikan lagu “Padhayangan Group, Cantik tapi bau…” ketika berpapasan dengan Anda.

Cobalah beberapa tips-tips berikut yang mungkin bermanfaat untuk mengusir BB pada si Ketiak:

1. Mandi secara teratur

how-to-take-a-shower

Mandi memang merupakan aktivitas menyenangkan bagi beberapa orang, terutama kaum wanita. Karena dengan mandi, Anda dapat melepaskan stres sekaligus menyegarkan dan membersihkan badan dengan nikmat. Selain itu dengan mandi teratur juga merupakan cara terbaik, paling aman, dan hemat, untuk membuang bau badan dan tentu saja menjaga kebersihan tubuh adalah dengan mandi minimal dua kali sehari dengan sabun lembut dan air hangat. Hal ini akan membantu mengeluarkan semua bakteri yang menyebabkan bau. Jangan lupa membersihkan daerah sekitar ketiak karena dari sinilah asal bau badan. Penyebab bau ini tak lain adalah banyaknya bakteri yang berkumpul di area tersebut. Jadi selalu bersihkan ketiak dengan sabun antiseptik setiap kali mandi. Setelah mandi, keringkan dengan handuk, tisu, atau lap kering. Sebaiknya hindari memakai bedak yang wangi karena kemungkinan tidak cocok dengan produksi keringat, dan malah akan menambah bau. Kulit yang segar dan bersih terutama pada lipatan ketiak dapat membuat tubuh Anda lebih harum tentunya.

2. Kenakan pakaian dalam yang bersih setiap hari.

Jangan biasakan menggantung pakaian dalam setelah dipakai beraktivitas sebelumnya, lalu digunakan kembali. Pakaian dalam yang lembab atau bekas digunakan sebelumnya dapat memicu bakteri pada pakaian dalam Anda dan menyebabkan iritasi pada kulit sekaligus mengeluarkan bau tak sedap. Kenakan dan ganti selalu pakaian dalam dan baju yang bersih setiap hari. Pilih pakaian dalam berbahan katun karena efektif menyerap keringat. Menjaga kebersihan tubuh dan pakaian tentu bukan semata-mata hanya mengatasi masalah keringat berlebih dan bau badan yang tidak sedap, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan Anda secara menyeluruh. Di beberapa kasus, terbukati memakai pakaian dalam bekas atau langsung mengenakan pakaian dalam yang baru dibeli tanpa dicuci dapat mengakibatkan iritasi kulit yang cukup serius.

3. Gunakan deodoran dengan baik dan benar.

Memilih deodoran yang banyak dijual di pasaran memang tidaklah mudah, semua merek nenawarkan product terbaiknya. Langkah sederhana yang perlu Anda lihat adalah kandungan yang terdapat didalamnya. Pilih deodoran yang mengandung antiperspirant karena deodoran jenis ini berfungsi mengeringkan, bahkan menghentikan pengeluaran keringat di bawah ketiak. Deodoran ini bisa berbentuk roll-on, stik, atau krim. Hindari memakai deodoran berbentuk bedak tabur karena selain menyebabkan rasa perih di ketiak, bedak tabur biasanya akan menghitamkan ketiak. Gunakan saja deodoran antiseptik yang mampu membunuh bakteri penyebab bau badan. Jangan menggunakan deodoran ketika Anda sedang berkeringat. Hal ini akan menyebabkan ketiak semakin terlihat basah. Selain itu juga akan menimbulkan bau yang kurang menyenangkan. Basuh dan keringkan ketiak terlebih dulu, baru gunakanlah deodoran. Hati-hati juga dengan deodoran yang mengandung parfum. Jika kandungan parfum tidak cocok dengan kelenjar keringat, bisa terjadi pembusukan, dan ketiak makin bertambah bau. Gunakan dengan teratur ketika selesai mandi pagi hari dan bersihkan dengan benar sisanya saat mandi sore, atau setelah Anda tidak beraktivitas lagi.

4. Gunakan parfum (bila perlu).

Parfum digunakan untuk menambah wangi tubuh, dan menutupi bau keringat yang mungkin masih sedikit keluar saat Anda berada di bawah terik matahari. Gunakan parfum pada baju saja Jangan menyemprotkan parfum di dalam baju Anda. Parfum di buat untuk di pakai di luar baju, berbagai kandungan di dalam parfum dapat menyebabkan tubuh Anda lebih bau jika menempel pada kulit atau ketiak dengan wangi yang kurang sedap. Selama perawatan melawan bau badan hindari pemakaian parfum atau body spray secara berlebihan. Pilih wewangian sesuai kenyamanan dan selera. Yakinkan untuk tidak terpengaruh merek terkenal, harga yang mahal, apalagi pada iklan yang meyakinkan bahwa mereka tidak akan punya teman atau pacar jika tidak menggunakan produknya.

5. Rapikan/rawat segera bulu ketiak.

670px-Wax-Your-Armpits-Step-7

Jangan biarkan bulu ketiak tumbuh terlalu panjang. Bulu ketiak yang terlalu panjang akan menjadi tempat bersarangnya kuman-kuman penyebab bau badan. Jadi, cukur atau potong lah bulu ketiak secara rutin agar terlihat lebih bersih dan rapi. Beberapa wanita menyukai tampilan “plontos” pada daerah intim terutama ketiak. Namun ada hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang perawatan bulu pada ketiak dengan benar. Jika Anda terbiasa mencukur bulu ketiak, lebih baik bersihkan terlebih dahulu ketiak Anda sebelum memakai sabun atau bedak untuk mencukur. Karena luka kecil akibat mencukur dapat menyebabkan infeksi jika tidak ditangani dengan benar.

6. Sebaiknya dicukur atau dicabut.

Bila dicukur, tumbuhnya bulu akan lebih tajam. Jika dicabut, bulu tumbuh lebih alami, lebih lembut, dan tidak gatal. Namun bila Anda memiliki banyak bulu ketiak, sebaiknya dicukur saja agar tidak menguras tenaga. Cuci ketiak sampai bersih dengan sabun antiseptik. Pastikan juga alat pencukur sudah dicuci dengan alkohol kadar 10 persen. Begitu juga jika memilih mencabut. Pastikan alat dalam keadaan bersih, karena jika kulit terasa sakit berarti terjadi peradangan, dan bekasnya bisa berwarna hitam. Jika Anda lebih memilih waxing, lebih baik lakukan tidak pada saat datang bulan, karena kulit wanita cenderung sensitif menjelang datang bulan. Ketiak dengan bulu lebat tidak terawat dapat menjadi sarang timbulnya bakteri dan menyebabkan bau tak sedap.

7. Perhatikan asupan makanan.

Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang pedas dan menyantap makanan yang mengeluarkan bau menyengat seperti bawang putih, bawang bombay, dan bawang merah. Jika dikonsumsi terlalu banyak, ketiga jenis sayuran ini akan merangsang keluarnya banyak keringat yang bisa menyebabkan munculnya bau badan. Makanan pedas dan makanan yang dapat menimbulkan ?panas? dalam tubuh seperti daging kambing juga dapat merangsang timbulnya keringat dan bau badan tak sedap. Jangan lupa perbanyaklah konsumsi air putih, agar air yang dikandung oleh tubuh menjadi lebih baik. Hal ini akan menyebabkan keringat lebih encer sehingga tidak bau. Selain air putih, perbanyaklah buah dan sayur yang banyak mengandung air.

8. Jemur pakaian sampai kering.

shirts-on-clothes-line

Campuran keringat dengan baju yang tidak benar-benar kering saat dijemur dapat menjadi sarang kuman dan menimbulkan bau apek yang menyengat. Apalagi jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki keringat berlebih, keringat pada punggung yang bersentuhan dengan baju tak kering, apalagi tidak menyerap keringat dapat membuat kulit punggung menjadi kasar dan bernoda. Bila perlu siramlah baju Anda dengan air panas pada bagian ketiak sebelum mencucinya.

Setelah menyimak tips-tips di atas tadi, sepetinya Tank-top anda siap digunakan kembali, tapi buat mereka yang merasa BB jangan lah lalu berkecil hati semoga tips-tips diatas tadi dapat bermanfaat dan berguna dalam mengatasi masalah yang dihadapi.

Sumber :
http://reps-id.com/8-langkah-usir-bau-badan/

Advertisements

1 thought on “8 Langkah Usir Bau Badan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s